-->

MAKANAN BURUNG LOVEBIRD,para kicau mania wajib tau

MAKANAN BURUNG LOVEBIRD

 1. Milet Putih dan Merah

Lovebird juga sangat suka memakan putih dan merah. selain itu, makanan pokok lovbird yaitu biji-bijian. Didalam di dalam makanan tersebut terdapat kandungan nutrisi yang  cukup tinggi untuk berbagai jenis burung pemakan biji-bijian. Manfaat dari milet bagi burung antara lain dapat membuat burung lebih sehat, aktif, dan rajin gacor. Selain itu, milet juga dapat memenuhi  kebutuhan nutrisi burung ketika terkena penyakit mata  yang mana sering  melanda lovebird.

Hal yang harus diperhatikan adalah pada  pemberian pakan lovebird. Karena milet juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, maka  dianjurkan untuk tidak memberikan secara berlebihan. Apabila sampai berlebihan, maka berdampak kurang baik bagi burung, dapat menyebabkan obesitas pada burung atau kegemukan. Jika itu terjadi, burung akan cenderung malas-malasan bahkan tidak mau bunyi dan ini kurang baik bagi burung yang khusus untuk dilomba. Jadi, meskipun biji bijian baik bagi burung alangkah baiknya jika makanan untuk burung di variasi,misalnya dengan canary seed.
Kandungannya adalah protein: 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%.


2. Juwawut


Juwawut adalah salah satu jenis bahan makanan yang dicampurkan kedalam makanan  burung  lovebird. Bentuknya fisiknya bulat kecil berwarna coklat kemerahan. Makanan jenis ini sangat cocok diberikan untuk lovebird pada saat musim hujan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.
Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% karbohidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung lovebird terutama pada saat bertelur.


3. Canary Seed / Biji Kenari (Kanarium Memmum)


Biji kenari atau yang lebih umum disebut canary seed merupakan pakan utama bagi burung kenari. Meski begitu, akan tetapi unggas berkicau pemakan biji-bijian seperti finch, blackthroat, parkit, terutama lovebird juga sangat menyukainya canary seed. Banyak yang menganggapan dari para peternak burung, bahwa canary seed yang berkualitas bagus ialah yang tua, kering bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning mengkilap.

Beberapa zat pada canary seed, dipercaya mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina, dan membenahi suara burung terutama untuk yang bersuara serak atau macet bunyi. Selain itu, pada lapisan kulit yang ada pada canary seed, banyak orang yang mengatakan cukup mudah terkelupas sehingga lebih mudah dicerna oleh burung lovebird. Akan tetapi, jika jenis konsumsi bijian ini terlalu sering  bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan pada burung,maka sebainya harus di variasi dengan milet tadi.

Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang. Canary seed sangat coock diberikan pada saat lovebirds memasuki usia kawin dan pada saat akan ikut kontes.

4. Biji Sawi

Biji sawi juga biasa  digunakan dalam pakan lovebird, dengan takaran lebih sedikit dibanding millet, dan hanya sebagai campuran saja. Biji ini berwarna hitam dengan bentuk fisik bulat kecil-kecil.
makanan ini Baik untuk burung lovebirds, karena banyak mengandung vitamin A


5. Biji oat / haver (Avena sativa)


ternyata biji oat juga bagus dikonsumsi oleh burung lovebird dan parkit, serta jenis burung pemakan biji-bijian lainnya. Karena pakan burung lovebird berupa biji bijian ini memiliki kandungan kalori, karbohidrat dan protein yang tinggi, maka sangat baik diberikan pada induk burung yang sedang merawat anakannya.
fungsi lainnya yaitu bermanfaat untuk mempercepat pemulihan burung ketika sakit dan meningkatkan kegemukan pada burung. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat dari biji tersebut. Semisal memperbaiki sistem kerja organ-organ pencernaan, menenangkan dan mempercepat mabung dll.Kandungannya adalah 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang

6. Biji lobak


Pada burung lovebirds dewasa cukup diberikan 5% saja dari semua campuran pakan bijian, dan pada lovebirds muda yang dalam proses pertumbuhan dapat diberikan 10% dari semua campuran pakan biji bijian.

Biji lobak sebaiknya jangan di konsumsikan pada lovebirds yang sedang mengalami ganti bulu (mabung) karena dapat mempengaruhi memperlambat burung untuk berkicau kembali. Jika ingin tetap memberikan cukup 2 – 3% saja dari semua campuran pakan bijian.

7.Biji Bunga Matahari



Biji bunga matahari baik sekali untuk meningkatkan energi  burung lovebird. Didalamnya mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Makanan ini juga baik untuk lovebird yang akan dikawinkan.
Kandungan minyak pada biji bunga matahari dapat memperlancar proses produksi telur pada lovebirds

8.Biji Selada


Biji ini adalah biji dari pohon selada Warnanya hitam, bentuknya fisiknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat mempengaruhi warna bulu burung menjadi kehijauan, karena itu baik untuk burung lovebirds yang berbulu hijau.
9.Jagung Manis


Untuk konsumsi lovebird sebaiknya memilih jenis jagung manis. sebab selain rasa manisnya yang cukup disukai oleh burung lovebird, jagung tersebut terdapat banyak manfaat. Salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan pada bagian mata lovebird. Selain itu, pakan biji ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan otot burung lovebird dan masih banyak lagi fungsinya.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "MAKANAN BURUNG LOVEBIRD,para kicau mania wajib tau"

Post a Comment