-->

Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula, cocok untuk bisnis sampingan

 Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

 Budidaya ikan lele merupakan salah satu jenis budidaya yang mudah untuk diterapkan di daerah manapun.Karena leele merupakan Salah satu jenis ikan yang mudah untuk di budidayakan, ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah cara perawatannya. Maka budidaya lele bisa untuk dicoba.Sebagai ajang untuk usaha sampingan yang hasilnya cukup menjanjikan.
Apalagi jika anda mengetahui tata cara budidaya ikan lele dengan baik dan benar. Pastinya budidaya lele anda akan membuahkan hasil.
Maka jika anda memang ingin bergelut dibidang peternakan lele ini sebaiknya perhatikan tata car betikut ini. tata cara ini sangat cocok bagi anda yang masih pemula dalam usaha ini. Berikut ini merupakan tata cara untuk budidaya ikan lele agar hasilnya maksimal.

1.) Pemilihan Bibit Lele

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah pemilihan bibit ikan lele. Bibit merupakan salah hal terpenting dalam budidaya ini karena berkaitan langsung dengan hasil panennya nanti. Bibit juga berpengaruh pada kualitas ikan, kesehatan ikan dan daya tahan ikan.Pastikan membudidayakan ikan leledengan menggunakan  bibit kualitas unggul, karena tidak semua ikan memiliki daya kembang dan daya tahan tubuh yang baik saat berada didalam kolam.
a. Anda bisa membeli bibit ikan lele dari tempat pembudidayaan lele yang resmi dan bersertifikat.

b. Dalam memilih bibit perhatikan gerakan bibit ikan

Saat anda mencari bibit lele unggul tentunya terdapat tanda-tanda fisik pada bibit seperti bentuk tubuh dan gerakan fisik yang gesit yang menandakan kesehatan. Pastikan bibit yang anda beli benar-benar baik dan tidak cacat. Lele yang sehat akan senantiasa aktif bergerak dan lele yang cenderung diam mengindikasikan ada hal yang tidak norma pada kesehatannya.
c. Perhatikan ukuran bibit


Bibit yang baik cenderung memiliki ukuran yang seragam. Artinya perkembangan bibit ikan antara satu dan yang lainnya rata.

2.) Menentukan Ukuran Kolam dan Kapasitas Ikan yang Ditampung
memperhatikan jumlah ikan atau dalam tiap kolamnya. Gunakanlah perbandingan saat mengisi bibit ikan lele didalam kolam. Perbandingan ini sangat penting untuk perkembangan ikan lele. Jika anda salah dalam memperhitungkan  ini maka bibit akan mati atau perkembangnnya ikan lele akan terhambat.untuk mempermudah dalam perbandingan pembudidayaan ikan lele, anda bisa mengambil ikan lele sebanyak 100 ekor per meter persegi luas lahan dengan kedalaman 1,5 meter.

Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Pada dasarnya budidaya ikan lele terpal ataupun di kubangan tidak jauh berbeda, bedanya hanya pada media saja. Untuk budidaya melalui media terpal, anda bisa mempersiapkan terpal dengan ukuran yang di inginkan. Anda bisa mempersiapkan alat-alat untuk kolam terpal seperti papan, paku, kayu, kerangka besi, batu bata, kawat, hingga terpal. Untuk membudidaya ikan lele dengan media terpal ini lebih praktis. Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan anda. cara tersebut Sama halnya seperti budidaya ikan lele di kolam konvesional pada umumnya, anda juga perlu menyesuaikan jumlah ikan tiap kolam sehingga ikan akan senantiasa sehat dan berkembang dengan baik.
Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Terpal

Salah satu Kelebihan budidaya ikan lele di media terpal yaitu  ,peternak mudah dalam penggantian air dan pengeringan sehingga air tetap dalam kondisi bersih. Selain itu, menggunakan media terpal membuat anda lebih mudah untuk mendeteksi adanya hama atau penyakit yang menyerang pada ikan lele. Dengan itu peternak akan lebih mudah memantau perkembangan budidaya ikan lele. Manfaat yang sangat menguntungkan lainnya dari penggunaan media terpal yaitu  kemudahan saat melakukan panen.

Nah mungkin itu sedikit tips bagaimana cara beternak ikan lele dengan baik dan benar. Mengetahui dan mempelajari tata cara budidaya ikan lele melalui media terpal.Mengetahui mulai dari bibit hingga menentukan kolam yang dibuat untuk pembudidayaan sangat penting.  Saat ini budidaya ikan lele pada media terpal lebih disukai para peternak, karena menggunakan terpal lebih praktis.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to " Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula, cocok untuk bisnis sampingan"

Post a Comment