-->

10 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Bila Anda menikmati mangga yang lezat dan lezat setiap musim, Anda mungkin tidak memikirkan manfaat kesehatan yang luar biasa setiap gigitannya. Mangga dikenal sebagai raja buah. Di luar rasa mangga yang manis dan lezat, mereka juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang menjamin kesehatan optimal Anda.

Selama beberapa dekade, mangga telah digunakan untuk menenangkan perut. Mirip dengan pepaya, mereka mengandung enzim tertentu dengan sifat menenangkan perut. Seiring popularitas mangga telah menyebar, banyak produsen makanan telah mengenalkan jeli, selai, labu, acar, bumbu, dan rempah-rempah yang mencakup rasa mangga murni.

Mangga kaya serat, jadi jika Anda memiliki setidaknya satu mangga setiap hari, Anda hampir dijamin untuk mencegah sembelit, tumpukan, dan gejala kolon spastik. Penelitian yang dipublikasikan di Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety telah menunjukkan bahwa serat makanan memiliki efek positif dalam menghilangkan penyakit degeneratif, termasuk kanker dan kondisi jantung tertentu. Sekarang Anda memiliki lebih banyak alasan untuk memasukkan buah lezat ini ke dalam makanan harian Anda. Semakin banyak Anda berpartisipasi dalam aktivitas berat, semakin banyak kalium yang hilang, yang merupakan efek bermanfaat lainnya dari kandungan mangga - kandungan potassium tinggi!

Nilai Gizi Mangos
Mangga termasuk dalam keluarga yang sama dengan pistachio, gandaria, mombin, dan kacang mete. Nama umum untuk mangga adalah mangot, manga, dan mangou, tergantung pada wilayah atau negara. Mereka berasal dari Asia selatan, lebih khusus lagi di Burma dan India timur, hampir 4.000 tahun yang lalu. Banyak cerita dalam mitologi India menyebutkan tanaman mangga, dan Sang Buddha dikatakan sering bermeditasi di kebun mangga. Budidaya mangga pertama kali menyebar ke Malaysia, Asia Timur, dan Afrika Timur dan akhirnya diperkenalkan ke California sekitar tahun 1880. Mereka diperkenalkan ke Afrika dan Brasil oleh penjelajah Portugis, sementara budidaya mangga dimulai di Hawaii dan Florida sekitar abad ke-19.

Menurut kepercayaan India, mangga melambangkan kehidupan (buah nasional India) dan digunakan di hampir setiap ritual suci. Daun mangga hampir selalu digunakan untuk festival dan dekorasi pernikahan. 'Chutney' yang dibuat dari mangga India telah menjadi populer di seluruh dunia. Saat ini, India tetap menjadi penghasil mangga terbesar di dunia, namun Thailand, China, Brazil, dan Meksiko juga menumbuhkan buah yang sangat bermanfaat ini


Fakta Nutrisi Mangga
Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Mereka juga merupakan sumber serat makanan dan vitamin B6 yang sangat baik, serta sumber vitamin A dan vitamin C. Mereka kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga, dan merupakan salah satu sumber quercetin terbaik, beta karoten, dan astragalin. Antioksidan kuat ini memiliki kekuatan untuk menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Penyakit jantung, penuaan dini, kanker, dan penyakit degeneratif adalah karena adanya radikal bebas yang merusak sel.

Manfaat Kesehatan Mangga
Tonik yang dibuat dari mangga dalam jamu Tiongkok dikenal sebagai tonik yin, dan ini digunakan untuk mengobati gusi berdarah, anemia, batuk, konstipasi, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

Menjaga Kesehatan Keseluruhan
Mangga memiliki kandungan vitamin yang mengesankan yang menjamin kesehatan secara keseluruhan. Mereka kaya potassium (4% pada 156 mg) dan magnesium (2% pada 9 mg) dan merupakan obat yang hebat untuk tekanan darah tinggi. Mereka juga mengandung selenium, kalsium, besi, dan fosfor. Mereka dikatakan sebagai pembangkit tenaga vitamin karena kaya akan riboflavin, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niasin, folat, thiamin dan asam pantotenat. Komponen ini membantu Anda menghindari sejumlah penyakit yang bisa berasal dari kekurangan vitamin dan mineral ini. Kandungan vitamin E dalam buah ini bahkan bisa membantu meningkatkan kehidupan seks Anda dengan memicu aktivitas hormon seks Anda.

1.Mencegah Kanker
Mangga memiliki jumlah pektin dalam jumlah tinggi, serat makanan larut yang secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga bisa membantu mencegah berkembangnya kanker prostat. Baru-baru ini, penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin dikombinasikan dengan galectin 3 (protein memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). Investigasi Calon Kanker Eropa juga telah menghasilkan hubungan yang kuat antara memakan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran cerna.

2.Menjaga Berat Badan
Konsumsi mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang bisa diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Mangga milkshake akan mempercepat proses kenaikan berat badan karena mengandung susu, dan sangat lezat!

3.Melancarkan Pencernaan
Mangos memainkan peran penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan kelebihan keasaman. Enzim pencernaan di dalamnya membantu meningkatkan pencernaan alami dan efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpen, dan aldehida berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

4.Menyembuhkan Anemia
Mangga kaya akan zat besi, yang membuat mereka bermanfaat bagi penderita anemia. Asupan teratur dan moderat dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah di tubuh.

5.Berguna dalam Kehamilan
Mangga bermanfaat bagi wanita hamil karena memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan. Dokter sering meresepkan tablet besi selama kehamilan, namun sebagai pengganti suplementasi, Anda bisa menikmati makanan kaya zat besi yang sehat dengan mangga berair. Kuncup rasa selama kehamilan biasanya kehilangan sebagian sensitivitasnya, jadi mangga pasti akan menjadi kesenangan hari Anda, lebih dari sekedar manfaat kesehatannya.

6.Mencegah Jerawat
Mungkin Anda terkejut mengetahui bahwa mangga sangat erat kaitannya dengan perawatan kulit. Selain membawa cahaya sehat ke wajah Anda, mereka juga membantu meringankan warna kulit. Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecantikan Anda dengan memasukkan buah lezat ini ke dalam makanan Anda secara teratur.

Mangos efektif mengobati jerawat dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah pori-pori ini dibuka, pembentukan jerawat akhirnya akan berhenti. Unclogging pori-pori kulit adalah cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk menikmati manfaat ini, tidak perlu memakannya setiap hari; Anda perlu mengeluarkan pulpa dan mengoleskannya pada kulit selama sekitar 10 menit, kemudian bilas.

7.Menghambat Penuaan
Mangga mengandung sejumlah besar vitamin A dan C, yang membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan alami. Oleh karena itu, mangga bisa disebut makanan anti penuaan.

8.Kesehatan Otak
Mangga memiliki jumlah vitamin B6 yang melimpah, yang sangat penting untuk menjaga dan memperbaiki fungsi otak. Vitamin ini membantu penggabungan neurotransmiter utama yang berkontribusi dalam menentukan mood dan modifikasi pola tidur. Mereka secara alami memberikan jumlah yang signifikan dari vitamin ini. Dengan mangga sebagai bagian dari makanan Anda, Anda dapat yakin akan kesehatan otak dan fungsi saraf yang efektif. Anda juga akan menghindari suplemen obat, yang memiliki daftar panjang efek samping. Kandungan asam glutamin dalam mangga juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

9.Meningkatkan Imunitas
Seperti disebutkan sebelumnya, mirip dengan wortel, mangga kaya akan beta karoten, karotenoid yang kuat. Unsur ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun. Kelebihan beta karoten juga ditransformasikan menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah antioksidan lain yang memberi Anda perlindungan tambahan terhadap radikal bebas yang merugikan sistem internal Anda. Dengan demikian, mangga adalah pilihan tepat untuk menambah makanan biasa Anda.

10.MencegahDiabetes
Penelitian lebih lanjut masih berlangsung, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mangga adalah obat alami yang hebat untuk diabetes. Ini adalah mitos yang telah lama diceritakan bahwa penderita diabetes harus menghindari mangga karena rasanya yang manis; Saat ini sedang ditunjukkan bahwa selain buah, daun mangga juga bermanfaat dalam menyembuhkan diabetes. Tempatkan 10 atau 15 daun mangga dalam air hangat dan tutup dengan tutup sebelum tidur. Di pagi hari, minumlah air dengan perut kosong setelah menyaring daunnya. Praktik rutin metode ini telah menunjukkan hasil positif dalam pengelolaan kadar gula darah penderita diabetes.
demikianartikel tentang 10 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan semoga bermanfaat terima kasih.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "10 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan "

Post a Comment