-->

10 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak

7 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak


Madu adalah pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dengan menggunakan nektar bunga. Ini digunakan sebagai obat sejak zaman kuno dan memiliki tempat khusus di mata Ayurveda, yang juga dikenal sebagai ilmu kedokteran zaman kuno. Bukan hanya Ayurveda tapi kini ilmu kedokteran juga sependapat dengan manfaat madu. Madu itu baik untuk kesehatan kita dan juga merupakan produk yang bagus untuk menjaga kulit dan rambut kita tetap sehat. Namun, seperti halnya hal lain, terlalu banyak madu tidak baik untuk kesehatan kita dan pada artikel ini kita akan tahu tentang risiko utama dan Efek samping makan terlalu banyak madu. berikut ini  10 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak

(1) Dapat Penyebab Perut Perut, Konstipasi, Kembung Dll.

Madu baik untuk sistem pencernaan kita dan membantu menjaga kesehatannya. Namun, terlalu banyak madu dapat memberi efek buruk pada sistem pencernaan kita sehingga menimbulkan kondisi seperti kram perut, diare, konstipasi dan kembung. Dosis madu maksimum yang direkomendasikan adalah sepuluh sendok makan per hari.
Mengkonsumsi madu lebih dari tingkat ini bisa melakukan lebih banyak ruginya daripada kebaikan. Alasan utama di balik efek negatif dari mengkonsumsi terlalu banyak madu ini adalah jumlah fruktosa yang baik dalam madu. Tingginya jumlah fruktosa pada madu mengurangi fungsi usus halus untuk menyerap nutrisi dengan benar.

(2) Meningkatkan Tingkat Gula Darah di Tubuh Kita

Madu tidak begitu baik untuk orang yang menderita diabetes karena banyaknya kandungan gula yang ada di dalamnya. Madu tidak mengandung serat apapun yang berarti Mengkonsumsi madu dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang karena gula yang ada dalam madu bisa diserap oleh darah kita lebih cepat dibandingkan gula dengan serat. Jadi, jika Anda menderita diabetes atau jika Anda menderita penyakit gula darah rendah maka Anda harus berhati-hati saat menyantap madu karena manisnya dan komposisi kimiawi madu sama dengan gula meja yang berarti orang harus mengikuti tindakan pencegahan yang sama saat mengkonsumsi madu seolah-olah Dia mengonsumsi gula biasa. Dosis maksimum yang dianjurkan untuk semua gula (baik dari gula, madu atau makanan olahan) adalah sepuluh sendok makan per hari yang berarti Anda harus memperhatikan gula Anda dan memastikan bahwa Anda tidak mendapatkan lebih dari sepuluh sendok makan gula per hari (dari semua sumber gabungan).

(3) Tidak berfungsinya saluran gastrointestinal

Overdosis atau over konsumsi madu secara teratur dapat memiliki efek yang sangat negatif pada saluran pencernaan kita. Ini karena madu tinggi fruktosa dan makan terlalu banyak fruktosa bisa mengganggu kemampuan usus kecil kita untuk menyerap nutrisi. Madu juga sedikit bersifat asam dan terpapar makanan asam dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan dengan mengikis lapisan perut, kerongkongan, dan usus.
Dosis madu yang direkomendasikan maksimum adalah sepuluh sendok makan madu per hari dan jika ingin menjaga agar saluran pencernaan kita tetap sehat dan hindari mengikis lapisan dalam perut, kerongkongan dan usus maka kita harus selalu mengingat hal ini. Makan terlalu banyak madu juga bisa menimbulkan kondisi seperti diare, kram perut, kembung dll seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

(4) Bisa Memimpin Untuk Berat Badan

Mengambil Madu dengan air hangat atau jus lemon meningkatkan penurunan berat badan dan membantu mengurangi kalori ekstra dan menurunkan berat badan ekstra dari tubuh kita. Namun, penting untuk dicatat bahwa mengonsumsi terlalu banyak madu dan / atau mengonsumsi madu saja tidak begitu baik untuk berat badan kita dan bisa membuat kita gemuk. Ini karena madu tinggi gula sehingga mudah terserap ke dalam aliran darah kita dan menimbulkan kenaikan berat badan dan obesitas karena tingginya jumlah kalori yang ada di dalamnya.

Jadi, jika Anda berpikir untuk menggunakan madu untuk menurunkan berat badan dan jika Anda ingin menjaga agar berat badan tetap terkendali maka cara terbaik untuk mengkonsumsi madu adalah dengan mengonsumsinya dengan perut kosong dengan segelas air hangat atau dengan segelas jus lemon. . Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dosis maksimum semua gula (gabungan) adalah sepuluh sendok makan per hari dan jika ingin tetap sehat maka kita harus selalu menjaga batas ini di dalam pikiran kita.

(5) Tidak Cocok untuk Orang dengan Alergi

Madu tidak cocok untuk orang dengan alergi dan mereka yang alergi terhadap serbuk sari, seledri dan alergi lainnya yang berkaitan dengan aktivitas lebah sebaiknya tidak mengkonsumsi madu. Ketika datang ke alergi maka orang seharusnya tidak mengambil kesempatan karena madu bisa menjadi racun bagi penderita alergi. Selain ini, konsumsi madu yang berlebihan juga bisa menimbulkan beberapa reaksi alergi seperti radang paru-paru, perubahan suara, gatal, sulit menelan dan mengi.

(6) Harus Dihindari oleh Orang Dengan Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan tekanan darah tinggi serta tekanan darah rendah dapat berdampak buruk pada tubuh kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan tekanan darah kita tetap terkendali.
Mengkonsumsi madu dapat menurunkan tekanan darah tubuh kita yang berarti jika Anda menderita tekanan darah rendah maka sebaiknya hindari madu karena akan memperburuk kondisi Anda dan dengan cara yang sama jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan sudah mengonsumsi obat untuk Begitu juga Anda harus menghindari makan madu saat mengonsumsi madu bersama dengan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi akan menurunkan tekanan darah Anda sedemikian rendah sehingga bisa memberi dampak negatif pada tubuh kita.
Moderasi adalah kunci dan jika Anda masih ingin menikmati makan madu maka yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda karena dia akan menjadi yang terbaik untuk memutuskan apakah Anda bisa (atau jika Anda tidak bisa) makan madu.

(7) Meningkatkan Resiko Pendarahan

Madu tidak cocok untuk orang dengan peningkatan risiko pendarahan (internal dan eksternal) dan orang-orang dengan gangguan perdarahan dan kebiasaan narkoba harus sangat berhati-hati saat mengonsumsi madu karena madu dapat memperburuk kondisi mereka. Dalam beberapa kasus, sebaiknya hindari madu.
demikian artikel tentang 10 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak semoga bermanfaat.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "10 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak"

Post a Comment