-->

METODE TERNAK LOVEBIRD TERBARU,burung paling setia dengan pasangannya

 METODE TERNAK LOVEBIRD TERBARU

Tujuan beternak lovebird menggunakan metode poligami tujuannya untuk menghemat jumlah pejantan yang digunakan untuk mengawini induk betina. Secara teori, induk jantan mampu mengawini 4-5 ekor induk betina.

burung jenis ini merupakan tipe jenis burung yang setia di karenakan jika seekor pejantan dicampur dengan beberapa ekor betina dalam satu kandang, maka burung jantan hanya mau mengawini satu betina saja.
dalam ternak burung love bird menggunakan kandang koloni, sepasang lovebird yang telah berjodoh tidak akan pindah ke lain hati. Jadi, metode beternak burung lovebird pada 1kandang

A. Seleksi indukan untuk poligami:

Induk jantan minimal berumur berumur 8 bulan. Induk betina minimal berumur berumur 1 tahun.Karena induk jantan burung lovebird  akan mengawini 3 induk betina Induk betina diusahakan memiliki kualitas suara yang bagus, kalau orientasi ternaknya fokus ke ngekek panjang.
Apabila peternak berencana ingin burung lovebirdnya mempunyai anakan yang mempunyai warna eksotik. lebih baik jika 3 induk betina memiliki warna yang berbeda-beda, sehingga bisa menghasilkan anakan burung lovebird yang mempunyai varian warna. metode ini sangat menguntungkan karena bisa menghemat induk jantan, keuntungan ternak lovebird menggunakan metode poligami ini kita bisa memprediksi warna anak lovebird nanti, berdasarkan warna induk jantan dan warna induk betina yang akan dikawinkan.

B. Persiapan kandang ternak

siapkan 3 kandang ternak untuk burung lovebird, sesuaikan dengan jumlah induk betina. Selain itu, siapkan pula 1 unit kandang ternak untuk induk jantan. Kandang induk betina bisa disusun secara berjajar.dan untuk kandang induk jantan diletakkan agak jauh dari kandang betina.usahakan jangan sampai terlihat oleh induk betina.Untuk memudahkan mengidentifikasi, masing-masing kandang betina diberi nomor, misalnya 1, 2, dan 3; atau A, B, dan C.
Setiap kandang harus dilengkapi dengan wadah pakan, air minum, tenggeran, serta kotak sarang.
Kotak sarang burung diletakkan di salah satu sudut kandang. Masukkan bahan sarang ke dalamnya.
Tebarkan pula bahan sarang ke dasar kandang induk betina. Bahan sarang dapat berupa ijuk halus.
Pakan utama burung lovebird adalah campuran millet putih, gabah, dan canary seed.
Pakan tambahan/additional fooding (EF) berupa jagung muda, daun sawi putih, kwaci (biji bunga matahari), dan tulang sotong.

C. Pergiliran perkawinan poligami

Setiap pagi hari burung lovebird mulai pukul 6 pagi sampai 7 pagi induk burung lovebird jantan dimasukkan ke dalam kandang induk burung lovebird betina dilakukan secara bergiliran.
Contohnya, pertama kali dimasukkan ke kandang betina-1 mulai pukul 06.00. Namun 1 jam kemudian, induk jantan diambil dan dimasukkan kembali ke kandangnya sendiri.
dan memasukkan induk jantan ke betina 1 lagi dilakukan selama 4 hari secara berturut.
kemudian untuk induk betina yang ke 2,3,4 lakukan persis seperti pada induk betina 1 tadi Jadi selama 12 hari berturut, induk jantan akan selalu mengawini induk betina, meski 1 jam saja. Ketika campur dengan induk betina, induk jantan mampu mengawini induk betina secara sempurna. Setelah beberapa hari sang induk betina dan jantan kawin, masing-masing induk betina akan bertelur. Setelah telur menetas berarti perkawinan poligami sukses. Jika tidak ada satu telur yang menetas,ada 2 kemungkinan yang terjadi: yang pertama induk jantan tak pernah mengawini betinanya, kemungkinan yang kedua yaitu  induk jantan memang infertil.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "METODE TERNAK LOVEBIRD TERBARU,burung paling setia dengan pasangannya"

Post a Comment