-->

MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN

MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN


Bila Anda memiliki sejumlah keluhan fisik, seperti mudah lelah dan daya konsentrasi lemah, mengkonsumsi buah pisang bisa menjadi alternatif.  Kandungan gizi dalam buah pisang sangat tinggi, antara lain menyediakan energi yang cukup dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Bila dibandingkan dengan buah apel, nilai energi pisang jauh lebih tinggi, yakni 136 kalori per 100 gram. Sedangkan apel hanya 54 kalori per 100 gram. Karbohidrat pada pisang mampu menyuplai energi lebih cepat daripada nasi dan biskuit, sehingga para atlet olahraga banyak yang mengonsumsi pisang di masa jeda untuk merecharge energi mereka.

Kandungan magnesium, besi, fosfor, dan kalsium sangat tinggi jika dibandingkan dengan makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir 100% dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 mikrogram per 100 gram, dan seng 0,8 mikrogram per 100 gram. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mikrogram besi dan 0,1 mikrogram seng untuk berat 100 gram.

kandungan kalium pada buah pisang diperkirakan sekitar 440 mikrogram. Kalium pada buah pisang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung, tekanan darah, dan membantu pengiriman oksigen ke otak.

Kandungan vitamin buah pisang pun sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten (45 mikrogram per 100 gram berat kering). Pisang juga mengandung vitamin B, yakni tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoksin). buah pisang mengandung vitamin B6 sebesar 0,5 mikrogram per 100 gram. Vitamin B6 pada pisang berperan sebagai  kelancaran fungsi otak.

Buah pisang sendiri bermanfaat dapat mengobati penyakit kuning, sakit kepala, dan cacar air. Bahkan, pisang sangatlah bagus untuk proses pembentukan tubuh, membantu kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah. Bagi para ibu hamil, buah pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, kandungan asam folatnya uang cukup tinggi, rata-rata 19,1 mikrogram per 100 gram pisang, bermanfaat untuk pembentukan janin.

pisang banyak sekali mengandung vitamin seperti potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi lain menjadikan pisang sebagai buah super sehat. Tak hanya itu buah pisang juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat pisang sesuai dengan jenisnya

1. Manfaat pisang ambon
Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling mudah ditemui di pasaran, berikut manfaat pisang ambon:
  • Memberikan suntikan energi
karena buah pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.
  • Menyediakan elektrolit
Jika sedang mengalami diare, konsumsilah pisang. Buah Pisang kaya akan kandungan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.
  • Bermanfaat sebagai antasida alami
Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang.
  •  Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Pisang mempunyai kandungan pektin, yang bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh.
  • Meningkatkan gairah seksual
Buah pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini bermanfaat membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan untuk pria.

2. Manfaat pisang kepok

pisang kepok banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan seperti pisang goreng, kolak pisang, hingga banana nugget yang sekarang sedang hits.
berikut ini manfaat pisang kepok :
  •  Meringankan gejala PMS
Buah pisang berfungsi untuk meringankan stres dan mengurangi gejala PMS pada wanita.
  • Kaya antioksidan
Buah Pisang kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh yang mampu mencegah kanker.
  • Mengatasi depresi

Jika kamu sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan pisang. Pisang  mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuatmu merasa lebih baik.
  •  Melindungi jantung
mengonsumsi buah pisang secara rutin bisa menjaga tubuh dari serangan jantung dan stroke. Buah pisang rendah garam namun tinggi kalium sehingga bermanfaat mengontrol tekanan darah dan membuat jantung jadi lebih sehat.
  • Meningkatkan metabolisme
kandungan mineral dan nutrisi pada buah pisang bermanfaat mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang kepok juga bermanfaat  mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

3. Manfaat pisang hijau

Pisang hijau bukanlah berarti bahwa pisang tersebut mentah. Memang ada jenis pisang hijau yang juga memiliki banyak manfaat yaitu:
  • Meningkatkan penyerapan gizi
Kandungan vitamin pada buah pisang hijau dapat membantu memperbaiki kesehatan usus karena terdapat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Sebuah  Penelitian mengemukakkan bahwa asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.
  • Mengatur tekanan darah
Buah pisang Pisang hijau mempunyai kandungan kalium yang tinggi, yang mana merupakan mineral penting dan sangat dibutuhkan tubuh untukmenurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Hal ini bermanfaat mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.
  • Mengandung bakteri probiotik
Bakteri probiotik sangat baik untuk usus. Pisang hijau memiliki banyak kandungan bakteri baik. Bakteri tersebut hidup di dalam usus. mengonsumsi buah pisang hijau bermanfaat menambah jumlah bakteri probiotik yang berguna untuk membuat saluran pencernaan yang lebih sehat.
  • Obat diare
Pisang hijau dapat mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri, virus. Mengonsumsi pisang hijau bermanfaat  mengobati diare secara alami.
  •  Sempurna untuk pengidap diabetes
Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat mengkonsumsi pisang hijau dalam menu makanannya.Buah pisang hijau mempunyai kandungan gula  yang sedikit. pasien diabetes perlu makan makanan yang rendah gula dan pisang hijau adalah makanan yang cocok.

Manfaat pisang untuk wajah

1. Melembabkan kulit

Kulit yang kering memang menjadi tantangan tersendiri. Sebabnya kulit lama-lama bisa jadi kasar.
kandungan vitamin A, B, dan E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami. Kamu bisa membuat masker dari pisang yang dilumatkan. Kemudian oleskan di atas kulit lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilaslah dengan air dingin.

2. Mengobati jerawat
Adanya jerawat memang mengganggu. dengan rajin mengoleskan masker pisang yang sudah dicampur dengan madu dan kunyit dapat mengatasi jerawat tersebut. manfaat masker pisang ini adalah membuat kulitmu jadi lebih bersih, bersinar, dan halus.

3. Mencegah penuaan kulit
jika kamu rajin mengoleskan masker pisang yang terbuat dari campuran perasan jeruk lemon serta yogurt, kamu bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati yang jadi penyebab kulit terlihat tua.

1. Membantu diet
Pisang hanya mengandung 90 kalori, namun cukup mengenyangkan dan mencegahmu untuk ngemil. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya termasuk serat larut yang menyerap air dan melambatkan proses pencernaan.

2. Menjaga kesehatan usus
Pisang rata-rata memiliki 2,5 gram serat. Serat ini bermanfaat menghilangkan hal-hal yang buruk dalam sistem pencernaan dan membantu mengeluarkannya.
Itulah beragam manfaat pisang untuk kesehatan tubuh. Jadi, sudahkah kamu makan pisang hari ini?

Buah Pisang adalah buah yang memiliki rasa yang enak untuk di makan. Pisang bermanfaat dapat mengobati berbagai macam penyakit serta dapat meningkatkan vitalitas pria. berikut ini ada 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Vitalitas Dan Stamina

Baca juga 

9 MANFAAT DAN EFEK SAMPING MAKAN BUAH PIR

10 Risiko dan Efek Samping Makan Madu Terlalu Banyak

MANFAAT BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Kandungan Pisang:

1. Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti.

2. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. vitamin B6 ini untuk mendukung ketersediaan energi untuk aktivitas sehari-hari

3. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Nilai energi buah pisang sekitar 136 kalori untuk tiap 100 gram, Nilai energi pisang lebih tinggi 2 kali lipat di banding buah apel.buah Apel dengan berat sama (100 gram) cuma mengandung 54 kalori.

4. Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

5. Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Pisang Untuk Kesuburan Pria


10 Manfaat Buah Pisang Untuk Vitalitas Dan Stamina Pria

Pisang saat ini dapat memberikan manfaat baru selain meningkatkan berat badan, yaitu meningkatkan jumlah sperma dan membuat sperma lebih subur. Pisang merupakan buah yang tinggi kalium dan rendah garam. Ini membuat pisang cocok sebagai camilan atau pencuci mulut yang sempurna untuk orang dengan tekanan darah tinggi.
Ada sejumlah faktor yang memengaruhi produksi sperma, oleh karena itu sebagian besar pria tidak subur terus mencari cara untuk meningkatkan jumlah sperma mereka. “Setiap orang mengharapkan hasil sperma yang dapat membuahi telur betina, tetapi jika sperma yang dihasilkan di bawah kondisi normal atau disebut oligospermia akan menjadi sulit, jadi untuk menyembuhkan itu pisang adalah cara yang paling efektif

Kandungan gizi buah pisang diantaranya mengandung :

Besi 28 mg
Protein 1,2 mg
Sodium 1 mg
Kalsium 8 mg
Kalium 4673 mg
Vitamin A 44 mg, Vit B, B6-B12, C 3 mg, dan air 72.
Serat 0,7 mg
Fosfor 2,8 mg
Kalori 99 mg
Lemak 0.2 mg
Karbohidrat 25,8 mg
Dari kandungan gizi buah pisang di atas yang relatif cukup banyak tersebut tidak heranlah jika buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Khasiat Buah Pisang Lainnya

1. Diare dan sembelit.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah pisang diantaranya serat. Manfaat serat bisa membantu memulihkan fungsi usus normal. Dalam kandungan buah pisang juga terdapat potasium yang sangat bagus untuk penderita diare selain itu dalam buah pisang terkandung pektin yaitu suatu jenis serat yang larut dalam air bermanfaat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

2. Manfaat pisang untuk sumber enargi dan menghilangkan rasa lelah.

tekstur buah pisang yang empuk sangat mudah dicerna oleh tubuh, sementara kandungan gula yang terdapat dalam buah pisang dapat berfungsi sebagai sumber tenaga yang bagus bagi yang mengalami kecapekan setelah bekerja atau melakukan olah raga.

3. Buah pisang Sangat baik untuk tekanan darah tinggi.

Solusi yang bisa dijadikan alternatif buat pengobatan alami darah tingi adalah buah pisang salah satunya. kandungan kalium pada buah pisang sekitar 4673 mg, namun sangat rendah sodium 1 mg, sehingga dengan demikian buah pisang memiliki rasio yang sempurna dalam mencegah tekanan darah tinggi.

4. Buah pisang bermanfaat untuk anemia.

Buah pisang karena mengandung zat besi yang relatif tinggi otomatis buah pisang bisa membantu fungsi hemoglobin dengan dalam tubuh. Untuk penderita penyakit anemia mengkonsumsi buah pisang dengan rutin untuk mengembalikan tekanan darah dan menyetabilkan hemoglobin.

5. Kecantikan.

langkah membuatnya, bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, kemudian oleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama kurang lebih 30 hingga 40 menit. Lalu bilas dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, langkah ini bisa anda lakukan selama kurang lebih selama 15 hari, lihat hasilnya kulit anda akan terlihat lebih halus dan bersih.

6. Penderita saraf.

Buah pisang mempunyai kandungan vitamin B. Vitamin salah satu fungsinya untuk memulihkan dan mengembalikan funsi saraf yang rusak.

7. Manfaat pisang untuk luka bakar.

Daun pisang dapat bermanfaat untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles. Caranya, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan untuk kulit yang terkuka bakar.

8. Manfaat pisang bagi ibu hamil.

kandungan Asam folat dalam buah pisang sangat baik bagi ibu hamil, kandungan asam folat mudah diserap janin melalui rahim sang ibu, namun perlu anda ketahui mengkonsumsi buah pisang jangan berlebihan sebab dalam kandungan buah pisang juga terdapat kalori yangcukup tinggi.

9. Buah pisang bermanfaat untuk menbantu meningkatkan konsentrasi.

Jika anda mengalami drop berkonsentrasi sebaiknya mengkonsumsi buah pisang secara rutin karena buah pisang mengandung kalsium yang berfungsi salah satunya untuk membantu meningkatkan daya konsentrasi.

Demikian diantara manfaat buah pisang bagi kesehataan, berbahagialah bagi Anda yang memang hoby sekali untuk mengkonsumsi buah pisang sebab mengandung banyak khasiat dan manfaat untuk keperluan kesehatan

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

1 Response to "MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN"