-->

9 MANFAAT DAN EFEK SAMPING MAKAN BUAH PIR


Mengonsumsi buah pir secara teratur sangat bermanfaat bagi wanita selama masa kehamilan. karena adanya banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dll. Buah pir mengandung Antioksidan seperti vitamin C yang bermanfaat menangkal radikal bebas pada tubuh kita.Buah pir juga mengandung asam folat yang baik untuk calon bayi yang dapat mengurangi risiko cacat. Namun harus di ingat kadar asam folat yang tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh kita dan dapat menyebabkan ruam, kram, kebingungan, mual, kejang, gangguan tidur dll. 

2.Terlalu banyak mengonsumsi buah tidak baik untuk pencernaan

Mengonsumsi buah pir secara teratur sangat bermanfaat bagi perut kita dalam membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat. Karena dalam buah pir terdapat kandunaganbanyak nutrisi seperti vitamin, mineral dll.Selain itu, buah pir merupakan sumber serat makanan yang sangat baik yang berfungsi sebagai pencahar alami untuk tubuh kita, mengatur pergerakan usus dan membantu menghilangkan kotoran dari tubuh kita. Meskipun serat makanan dalam bauh pir memberikan banyak manfaat namun tetap saja lebih baik memakan pir dalam jumlah sedang. Hal ini karena mengkonsumsi terlalu banyak serat mengakibatkan gangguan kesehatan  pada pencernaan kita, serta dapatmeberikan efek samping seperti kram, diare, malabsorpsi, konstipasi, gas usus, penyumbatan usus dll.

3.Mengonsumsi buah pir berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Mengonsumsi buah pir secara teratur sangat bermanfaat bagi tubuh. Karena kandungan didalam buah pir nilai kalorinya rendah. Mengonsumsi 100 gram pir hanya mengandung 57 kalori. Jadi kita tidak perlu mengkhawatirkan berat badan naik.Meskipun buah pir rendah kalori dan membantu dalam menurunkan berat badan namun tetap saja lebih baik memakannya secukupnya karena setiap jumlah kalori dan mereka dapat dengan cepat bertambah dan menyebabkan berat badan bertambah. jika Anda sudah cukup mengkonsumsi kalori dalam makanan anda, maka dalam jangka panjang, terlalu banyak makan buah pir dapat mengganggu program penurunan berat badan dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

4.Terlalu banyak vitamin C tidak baik bagi Kesehatan

Buah pir merupakan sumber vitamin C yang sangat baik karena mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pada tubuh kita.Meski vitamin C pada buah pirbanyak bermanfaat, namun tetap disarankan untuk mengkonsumsi pir dalam jumlah sedang saja karena kadar vitamin C yang tinggi pada tubuh kita dapat menimbulkan komplikasi seperti diare, mual, muntah, mulas, perut kembung, sakit kepala dll.

5. Dapat meningkatkan resiko kanker

Makan buah pir secara teratur sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker perut, kanker paru-paru, kanker perut, kanker payudara dll.Karena di dalam buah pir terkadung antioksidan seperti vitamin C, vitamin A dan senyawa antioksidan lainnya. Antioksidan ini bermanfaat menagkal radikal bebas pada tubuh kita.Meskipun antioksidan dalam buah pir memberikan banyak manfaat dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, namun perlu dicatat bahwa terlalu banyak mengonsumsi antioksidan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.Antioksidan yang tinggi pada tubuh kita dapat meningkatkan risiko kanker dan bahkan memperburuknya. Dalam sebuah penelitian 2011 yang dilakukan di antara 35.500 pria, ditemukan bahwa dosis tinggi vitamin E meningkatkan risiko kanker prostat sebesar 17 persen. Studi serupa lainnya yang dilakukan pada tahun 1996 menemukan bahwa dosis tinggi beta karoten meningkatkan risiko kanker paru pada perokok pria sebesar 18 persen.

6. Dapat mengganggu tekanan darah

Makan buah pir secara teratur sangat bermanfaat bagi jantung kita. Manfaat buah pir ini karena adanya potassium di dalamnya. Kalium merupakan mineral penting yang berperan melemaskan pembuluh darah kita.Meskipun buah pir sangat efektif dalam mengatur tingkat tekanan darah kita namun tetap disarankan untuk memakannya secukupnya karena terlalu banyak potassium dapat menurunkan tingkat tekanan darah kita.

7. Zat besi terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan

Zat besi sangat berperan penting dalam tubuh kita, yang bermanfaat untuk membantu mengedarkan darah keseluruh tubuh kita. Kekurangan zat besi dalam tubuh kita bisa menimbulkan Anemia, yang ditandai dengan gejala seperti kelelahan, sesak napas, kulit pucat, pembengkakan lidah, irama jantung tidak teratur dll. buah Pir adalah sumber zat besi dan mengonsumsi buah pir secara teratur sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia. Selain itu, pir juga merupakan sumber potassium yang baik. Meskipun buah pir sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah tetapi juga harus dicatat bahwa terlalu banyak mengonsumsi buah pir tidak baik untuk kesehatan. Tingkat zat besi yang tinggi dalam aliran darah kita dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan kronis, nyeri sendi, sakit perut, denyut jantung tidak teratur, rambut rontok, depresi, gula darah tinggi, dll.

8. Vitamin C berlebihan tidak baik untuk tubuh 

Mengonsumsi buah pir secara teratur sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit inflamasi seperti artritis dan gout. Manfaat buah pir ini terutama karena adanya antioksidan seperti vitamin C, dan senyawa flavonoid yang ada di dalamnya. Meski vitamin C sangat bermanfaat bagi kita namun tingginya kadar vitamin C juga tidak baik dapat menimbulkan efek samping seperti diare, mual, muntah, sakit maag, sakit kepala, mual dll.

9.Terlalu banyak vitamin A tidak baik untuk kesehatan Kita

Pir merupakan sumber nutrisi yang sangat baik karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dll. yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Vitamin A adalah nutrisi vital bagi mata kita dan berperan penting dalam menjaga penglihatan kita. Antioksidan ini melawan radikal bebas pada tubuh kita.Namun tingkat vitamin A yang tinggi tidak baik bagi kesehatan kita dan karena dapat menimbulkan komplikasi seperti penglihatan buram, pembengkakan tulang, nyeri tulang, nafsu makan yang buruk, pusing, mual dan muntah, kulit kasar, kepekaan terhadap sinar matahari, dll.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "9 MANFAAT DAN EFEK SAMPING MAKAN BUAH PIR"

Post a Comment