-->

MANFAAT BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

MANFAAT BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN


Pada zaman dahulu, buah anggur sering dihidangkan bagi kaum bangsawan dan raja-raja. Buah anggur merah dikenal sebagai buah yang mewah, tetapi sekarang buah anggur sudah bisa dibeli di pasar dengan harga yang wajar. buah anggur sendiri mempunyai banyak manfaat . Belum percaya? berikut ini beberapa manfaat anggur merah bagi kesehatan Anda.

Bedanya anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau??

buah anggur merah kandungan kalorinya lebih sedikit dibanding anggur hijau. manfaat anggur merah bagi kesehatan juga lebih besar di bandingkan dari anggur hijau. dikarenakan semakin pekat warna buah-buahan, kandungan fitonutrien dan antioksidannya semakin besar.

Kandungan nutrisidi dalam anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam.  Buah anggur hitam biasanya rasanya lebih manis daripada anggur merah.
Manfaat anggur merah bagi kesehatan:

1. Mencegah kanker

Buah anggur mengandung resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan resveratrol ini sangat baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Melawan penuaan dini

Buah anggur mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berasal dari polusi, bahan kimia dari makanan dll. Radikal bebas sendiri akan merusak dan membunuh berbagai sel dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain tulang keropos,kulit keriput, rambut beruban.

3. Menjaga kesehatan otak

Buah anggur merah juga mengandung Revesratrol yang bermanfaat memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah sangat dibutuhkan otakuntuk sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

Baca juga:

9 MANFAAT DAN EFEK SAMPING MAKAN BUAH PIR

8 Manfaat Sayur Brokoli Yang Menakjubkan

4. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Anggur merah memiliki sifat antiperadangan antihistamin. Maka, buah ini baik dikonsumsi Anda yang sedang sakit karena radang seperti radang tenggorokan,radang paru, , atau radang usus buntu. Sementara itu, antihistamin dibutuhkan oleh tubuh ketika histamin (zat alami yang diproduksi sistem kekebalan tubuh manusia) bereaksi secara berlebihan. Reaksi histamin bisa memunculkan gejala alergi.

5. Menyeimbangkan kadar kolesterol

Buah anggur bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbangagar terhindar dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.
Anggur memiliki banyak vitamin dan kandungan di dalamnya. Kandungan dalam buah anggur sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat buah anggur:


  • Vitamin  A, vitamin C, vitamin B1.
  • Beta karoten.
  • Fosfor.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Asam folat.
  • Omega 3 dan DHA.
  • Serat.

Jenis-Jenis Anggur
di Indonesia ada 3 macam jenis anggur yang bisa ditemui yaitu:

1. Anggur hijau

Anggur ini memiliki rasa asam yang dominan. Anggur hijau sering ditanam di halaman rumah.

2. Anggur hitam. 

Anggur hitam memiliki rasa manis. Anggur hitam ini adalah anggur yang mudah dijumpai saat musim panen anggur. Anggur hitam memiliki harga termurah.

3. Anggur merah. 

Anggur merah adalah anggur paling mahal diantara anggur yang lain. Rasa dari anggur merah manis dan tidak ada rasa asamnya, baunya harum dan daginya tebal.

Berikut ini macam-macam manfaat anggur bagi ibu hamil :

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

buah anggur mengandung folat berguna untuk membantu perkembangan otak janin.

  • Membentuk syaraf di otak janin.
  • Mengurangi resiko cacat otak saat lahir.
  • Membantu pembentukan tabung otak bagi janin.

2. Membentuk Tulang Dan Gigi

kandungan folat dan kalsium pada buah anggur  bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. kandungandalam buah anggur ini baik bagi ibu hamil yang akan  mengoptimalkan perkembangan janin dan juga memperkuat tulang ibu hamil.

3. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Sumsum berada di tulang punggung atau tulang belakang. Sumsum tulang belakang merupakan organ yang penting untuk janin. Janin yang tidak mempunyai sumsum tulang belakang tidak akan berkembang dengan baik, akibatnya bayi tidak akan pernah bisa duduk. manfaat asam folat pada anggur bisa membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

4. Mencegah Anemia

Anemia bisa diobati dengan mengkonsumsi buah anggur merah dengan porsi wajar. Hal itu dikarenakan kandungan zat besi pada anggur merah lebih banyak dibandingkan dengan anggur yang lainnya.Anemia biasanya terjadi saat ibu hamil memasuki trimester kedua. Saat itu janin berkembang dengan pesat sehingga sel darah merah di dalam tubuh terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil dan kandungnya

5. Pembentukan Syaraf Pusat

buah anggur mengandung omega 3 dan DHA sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan omega 3 dan DHA dalam makanan sehat ibu hamil, sangat bermanfaat untuk membentuk sel syaraf pusat pada janin.

6. Membantu Sistem Pencernaan

Saat sedang mengandung sering mengalami gangguan kehamilan pada sistem pencernaan. Misalnya saja sembelit dan masih banyak lagi lainnya. kandungan Magnesium pada anggur bagi ibu hamil bermanfaat untuk melancarkan dan membantu sistem pencernaan selama kehamilan.

7. Pembersih Toksin

Buah anggur mengandung serat yang bisa membuat ibu hamil terbebas dari toksin. Jika ibu hamil memiliki toksin, toksin tersebut bisa mempengaruhi kesehatan janinnya. Cara kerja anggur untuk membersihkan toksin yaitu:
Serat bisa melancarkan sistem pencernaan.
Serat pada anggur bisa membersihkan toksin yang menempel pada usus.
Toksin dikeluarkan pada saat BAB dan juga urin.
Setelah toksin bersih, maka usus akan menjadi sehat

8. Meningkatkan Sistem Imun

Ibu hamil harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatannya.  dikarenakan ibu hamil akan sangat rentan terkena penyakit. Penyakit itu misalnya , demam dan juga pilek batuk. kandungan vitamin C  pada buah buahan untuk ibu hamil, terutama pada anggur hijau bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang bermanfaat menangkal berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

9. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Anggur memiliki sifat alkaline forming. Sifat pada anggur itulah yang membuat kinerja ginjal meningkat.Saat hamil, ibu hamil ada yang tidak bisa mengeluarkan urin dengan jumlah yang banyak. banyak sedikitnya urin itu dipengaruhi  kinerja ginjal yang terganggu. Untuk memperbaiki fungsi dan kinerja ginjal bisa dengan mengkonsumsi anggur.

10. Membersihkan Lemak Jahat

Ibu hamil rentan untuk menjadi gemuk yang disebabkan oleh lemak yang ada pada tubuhnya. Banyaknya lemak jahat yang menempel pada pembuluh darah di dalam tubuh bisa menyebabkan ibu hamil mudah terkena komplikasi seperti  hipertensi, jantung dan pembuluh darah menyempit. Berbagai masalah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsibuah anggur.

11. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Meski sedang hamil, bukan berarti ibu hamil bisa terhindar dari penyakit kolsterol. Kolesterol pada  tubuh ibu hamil bisa dikarenakan tingginya kadar LDL yang tinggi di dalam tubuh. Ibu hamil sering mengalami hipertensi di karenakan kadar LDL yang tinggi, oleh sebab itulah ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi anggur dalam jumlah yang cukup.

12. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Untuk mengurangi pembengkakan saat ibu hamil, ibu hamil harus banyak bergerak, seperti melakukan senam hamil. ibu hamil bisa mengkonsumsi buah anggur untuk mengurangi pembengkakan. karena buah anggur mengandung kalsium dan magnesium yang yang efektif untuk mengurangi pembengkakan pada ibu hamil.

13. Membuat Kulit Lebih Elastis

Manfaat anggur bisa membuat kulit menjadi lebih elastis. Saat hamil banyak ibu hamil yang mengeluhkan timbulnya stretch mark pada bagian tertentu. ibu hamil bisa mengkonsumsi anggur. sehingga jika kulit elastis tidak akan mudah terkena stretch mark.

14. Menstabilkan Metabolisme

metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak stabil Saat hamil, . Hal itu dikarenakan hormon di dalam tubuh juga tidak stabil. Gangguan metabolisme bisa berpengaruh untuk kesehatan ibu hamil. mengonsumsi buah anggur secara wajar dapat menstabilkan metabolisme pada tubuh ibu hamil.


Buah anggur sudah sejak lama dikenal di banyak negara.Buah anggur tidak hanya dikonsumsi sebagai buah saja, namun telah diolah ke dalam berbagai produk seperti selai, minuman beralkohol, kismis bahkan sirup. buah anggur mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, antara lain beberapa vitamin, mineral, asam folat, elektrolit dan fitonutrien. Berikut beberapa manfaat buah anggur:

1. Memutihkan Gigi

Buah anggur dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Karena buah anggur mengandung asam malat yang terbukti dapat membasmi plak dan kotoran yang ada pada gigi. dengan cara menggosokkan daging buah anggur pada gigi selama lebih kurang 10 menit.

2. Mengatasi Rambut Rontok

 Kandungan asam linoleic baik pada buah dan bijinya dapat menutrisi folikel rambut dan menjadikannya lebih kuat.Kita dapat memanfaatkan anggur untuk mencegah rambut rontok. Dengan mengoleskan buah anggur yang sudah di haluskan tersebut ke kulit kepala secara rutin maka rambut akan lebih kuat.

3. Mencegah Kanker

Buah Anggur mengandung senyawa fitonutrien dan antioksidan  yang dapat bertindak sebagai antimutagen. Senyawa tesebut dapat menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin akan meminimalisir kita dari risiko kanker kulit dan kanker payudara.

4. Baik Bagi Ibu Hamil

Buah anggur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi dalam buah anggur dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan dan asam folatnya akan mencegah bayi lahir cacat.  Sebaiknya ibu hamil tidak memakan anggur secukupnya tidsk boleh berlebiihan.

5. Menghilangkan Flek Hitam

Jadikan anggur sebagai masker dengan cara menghaluskannya , kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu  bilas sampai bersih. Masker ini juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit wajah.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

kandungan vitamin C pada anggur yang cukup tinggidapat mencerahkan kulit wajah. Caranya haluskan 3-5 buah anggur lalu campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan masker tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. lalu bilas sampai bersih.

7. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput dan kerutan pada wajah. Tentu kondisi tersebut dapat merusak penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. oleskan minyak biji anggur pada wajah secara rutin, maka kerutan akan menjadi samar dan menghilang. Minyak biji anggur mempunyai kandungan asam lemak esensial dan kaya antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan membuat wajah awet muda. Sebaiknya gunakan minyak biji anggur menjelang tidur di malam hari.

 8. Meningkatkan Daya Ingat

Mengkonsumsi anggur secara rutin bermanfaat meningkatkan daya ingat seseorang. Buah anggur mengandung polifenolnya dapat melindungi sel saraf pada otak sehingga merangsang perkembangan kognitif dan mencegah saraf dari kerusakan. Buah anggur sendiri dapat mencegah penurunan daya ingat.

 9. Mengatasi Penyakit Asma

Penyakit asma berupa rasa sesak saat bernapas lebih mudah kambuh jika cuaca sedang dingin. mengkonsumsi buah anggur dapat mengurangi rasa sakit dan sesak akibat asma. kandungan dalam buah anggur dapat membuat otot organ pernapasan yang tegang menjadi rileks. Selain itu anggur juga dapat melembabkan paru-paru dan saluran pernapasan sehingga sesak napas akan berkurang.

 10. Mengatasi Migrain

Migrain sangat mengganggu aktifitas. Agar migrain cepat sembuh , kita bisa mengkonsumsi anggur. Kandungan antioksidan dan riboflavin pada anggur bermanfaat menenangkan saraf yang tegang sehingga rasa pusing dan denyut di kepala akan membaik.

 11. Menu Program Diet

Bagi yang sedang menjalankan diet, memasukkan anggur dalam menu harian adalah pilihan yang bijak. Anggur mengandung gula buah, kaya nutrisi dan tinggi kalori sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tanpa menambah daftar makanan yang harus dimakan. Dengan begitu program diet akan berjalan dengan lancar.

12. Menjaga Kesehatan Mata

kandungan vitamin A dan fitonutrien berupa lutein-zeaxanthin yang dapat menjaga organ mata dari kerusakan. Senyawa tersebut dapat melindungi mata dari penyakit katarak dan mencegah mata menjadi rabun. Buah Anggur dapat mencegah  degenerasi sel pada organ mata sehingga kesehatan mata akan tetap terjaga.

13. Mencegah Sembelit

buah anggur banyak mengandung gula, asam organik dan selulosa sehingga dapat bersifat laxative (obat pencahar). Nah, jika Anda sering mengalami sembelit, ada baiknya mengkonsumsi anggur secara rutin agar buang air besar menjadi lancar. Sembelit atau konstipasi yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan masalah serius pada organ pencernaan khususnya bagian usus besar.

14. Menghilangkan Ketombe

Masalah ketombe seringkali dialami oleh banyak orang terutama wanita yang memakai jilbab.ketombe dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Anggur dengan kandungan vitamin E dan antioksidannya mampu memperlancar sirkulasi darah hingga kulit kepala. Dengan begitu kulit kepala menjadi lebih sehat karena nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik. Jadi tidak ada penumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Itulah 15 manfaat buah anggur yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "MANFAAT BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN"

Post a Comment