-->

8 Manfaat Sayur Brokoli Yang Menakjubkan

Brokoli adalah Sayuran populer  yang memiliki beragam manfaat gizi dan obat-obatan, termasuk manfaatnya untuk mencegah banyak jenis kanker, memperbaiki sistem pencernaan kita, menurunkan kolesterol, mendetoksifikasi tubuh, dan memaksimalkan serapan vitamin dan mineral. Brokoli juga mencegah reaksi alergi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kulit, mencegah cacat lahir, menurunkan tekanan darah, menghilangkan radang, dan memperbaiki penglihatan dan kesehatan mata.

8 Manfaat Sayur Brokoli Yang Menakjubkan


Apa itu brokoli?
Sayuran hijau ini, yang kadang-kadang memiliki beberapa irisan ungu, adalah saudara dekat kubis dan kembang kol dan termasuk dalam kelompok Italica Cultivar dari keluarga Brassicaceae. Bagian yang paling sering dimakan adalah kepala berbunga, yang berbentuk seperti pohon, berasal dari tangkai yang tebal, tengah, dan dapat dimakan. Ada tiga varietas utama yang populer di berbagai belahan dunia. Calabrese brokoli adalah yang paling umum dan biasanya disingkat menjadi "brokoli" sementara tumbuh brokoli dan kembang kol ungu adalah dua varietas sayuran lainnya yang banyak ditemukan di Eropa dan negara-negara Mediterania.

Ini telah menjadi bagian dari sejarah budaya yang berasal dari abad ke 6 SM. Brokoli akhirnya menyebar ke seluruh Eropa dan dibudidayakan secara luas. Itu tidak membuat penampilan yang signifikan di Amerika sampai awal abad ke-20. Budidaya brokoli terbesar di dunia sekarang adalah Cina, diikuti oleh India. Hal ini sangat umum di seluruh dunia, terutama di Eropa, Amerika, dan Australia, tapi tidak sebanyak di Afrika. Hal ini juga dapat ditemukan di beberapa masakan Asia Selatan seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan Nepal.

Ini bisa dimakan dimasak atau mentah, tapi cara terbaik adalah mengukusnya, goreng dangkal, atau memakannya mentah seperti salad hijau karena mengandung nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa cara memasak sayuran ini meningkatkan manfaat kesehatan tertentu, seperti meningkatnya penurun kolesterol yang didapat saat dikukus. Mari kita lihat beberapa aset nutrisi yang terkandung dalam brokoli yang menjadikannya bagian penting dari makanan kita!

Fakta Nutrisi Brokoli

Manfaat kesehatan brokoli berasal dari campuran nutrisi, senyawa organik, mineral, dan vitamin unik yang ditemukan di sayuran yang indah ini. Ini termasuk sejumlah besar vitamin C, vitamin K, serat makanan, folat, potassium, selenium, vitamin A, mangan, triptofan, vitamin B6, dan fosfor. Dalam hal senyawa organik yang unik, brokoli adalah sumber kaya glukosinolat fitonutrien, flavonoid, dan berbagai senyawa antioksidan lainnya yang meningkatkan kesehatan kita secara besar-besaran!
Manfaat Kesehatan Brokoli
Manfaat kesehatan Brokoli meliputi:

1. Mengobati Kanker

Brokoli mungkin terbukti menjadi obat ajaib alami untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker berbagai organ dalam seperti paru-paru, usus besar, hati, ginjal, dan usus. Yang sedang berkata, ini sangat bermanfaat untuk kanker payudara dan kanker rahim, karena menghilangkan estrogen ekstra dari tubuh. Hal ini disebabkan adanya senyawa anti-karsinogenik yang kuat seperti glucoraphanin, diindolylmethane, beta-carotene, selenium dan nutrisi lainnya seperti vitamin C, A, dan E, seng, potassium dan asam amino tertentu, yang juga merupakan agen anti-kanker yang baik. .

2. Detoksifikasi Tubuh

Kehadiran vitamin C, belerang, dan asam amino tertentu membuat brokoli menjadi detoksifikasi yang sangat baik. Ini membantu untuk menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menjaga masalah yang berhubungan dengan racun seperti bisul, gatal, ruam, asam urat, rematik, rematik, kalkuli ginjal, penyakit kulit seperti eksim, dan pengerasan dari kulit.

Baca juga: 9 MANFAAT DAN EFEK SAMPING MAKAN BUAH PIR

3. Perawatan kulit

untuk menjaga agar kulit Anda tetap bercahaya dan muda beralih ke antioksidan ahli seperti beta karoten dan vitamin C, serta pembantu lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin E (salah satu yang memberi kilau pada kulit dan rambut Anda saat menghidupkan kembali jaringan kulit) , vitamin A & K, asam lemak omega 3 (menambahkan glamour), asam amino, dan folat hadir pada brokoli. Mereka semua membantu merawat kulit Anda dengan baik dan membiarkannya bersinar, sehat, dan berseri-seri.

4. Melindungi dari sinar UV

Selanjutnya, glukoraphanin, salah satu fitonutrien yang ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam brokoli, telah dikaitkan dengan membalikkan efek negatif dari paparan sinar matahari, sehingga Anda dapat memutar balik jam pada kulit Anda dengan mengonsumsi banyak sayuran bermanfaat ini!

5. Mengobati Gangguan Perut

Brokoli sangat kaya serat atau serat, bahan makanan utama yang bisa menyembuhkan hampir semua gangguan perut dengan menyembuhkan sembelit sejak konstipasi adalah akar dari hampir semua kelainan perut. Serat menambah jumlah makanan, mempertahankan air dan membentuk buang air besar yang sehat. Magnesium dan vitamin hadir di dalamnya juga menyembuhkan keasaman, memudahkan pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Terlepas dari antioksidan yang disebutkan di atas, brokoli memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, bersamaan dengan kadar beta karoten, asam lemak omega 3 yang signifikan, dan vitamin lainnya yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga agar jantung tetap berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah. Saat Anda mengukusnya, penelitian telah menunjukkan bahwa komponen serat mengkombinasikan lebih baik dengan empedu, membuatnya lebih mudah dan efisien untuk diekskresikan. Mengurangi empedu memiliki dampak kuat pada kadar kolesterol, sehingga membantu kesehatan jantung Anda. Selanjutnya, potasium yang ditemukan dalam brokoli adalah vasodilator yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi organ penting dengan merelaksasi ketegangan dan tekanan pembuluh darah dan pembuluh darah.

7. Perawatan mata

Zeaxanthin, beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lainnya seperti B kompleks, C, dan E yang ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata. Zat ini melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, sekaligus memperbaiki kerusakan akibat radiasi.

8. Amyotrophic Lateral Sclerosis

Brokoli kaya akan berbagai nutrisi seperti asam lemak omega 3. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan makanan kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi atau menunda timbulnya gejala sklerosis lateral Amyotrophic (ALS) yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig.

9. Meningkatkan Imunitas

Zat yang bertanggung jawab untuk warna brokoli hijau dan ungu adalah vitamin C, beta-karoten, dan vitamin dan mineral lainnya, terutama selenium, tembaga, seng, dan fosfor. Senyawa ini hadir di dalamnya adalah penguat sistem kekebalan tubuh yang hebat yang dapat melindungi Anda dari berbagai infeksi.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kadar kalsium sangat tinggi (hadir sebesar 47 mg per 100 gram) dan nutrisi lainnya seperti magnesium, seng, dan fosfor, makan brokoli bisa sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak, orang tua, ibu hamil atau ibu menyusui. Itu karena ini adalah orang yang paling rentan terhadap osteoporosis, melemahnya tulang dan gigi, dan kekurangan kalsium.

11. Membantu dalam Kehamilan

Karena mengandung nutrisi penting bagi wanita hamil, seperti protein, kalsium, vitamin, antioksidan, detoksifikasi, zat besi, fosfor dan lainnya, ini adalah komponen ideal dari diet apa pun untuk mereka. Menjadi kaya serat, ini juga akan menghilangkan sembelit, yang sangat umum selama kehamilan. Lebih jauh lagi, kandungan folat pada brokoli memastikan tidak ada cacat lahir, seperti cacat tabung saraf, yang merupakan masalah utama bagi ibu hamil yang memiliki kekurangan asam folat dalam makanan mereka.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Berry Emas Untuk Kesehatan

12. Mengatur Tekanan Darah

Mineral penting, kromium, banyak ditemukan dalam brokoli, membantu dalam berfungsinya insulin dan mengatur gula darah, sehingga juga mengatur tekanan darah. Vitamin, yang membuat semua sistem kita berfungsi dengan baik dan banyak ditemukan di dalamnya, bersama dengan serat dan asam lemak omega-3, membantu mengatur tekanan darah lebih banyak lagi. Jadi, tambahkan beberapa brokoli untuk diet Anda untuk perlindungan kesehatan jantung yang nyata!

13. Mengobati Anemia

Anemia berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi dan protein tertentu. Brokoli kaya akan keduanya dan karenanya merupakan obat yang sangat baik melawan anemia. Makan mereka dan rasakan gelombang darah dengan kuat melalui tubuh Anda. Tembaga juga ditemukan di dalamnya yang merupakan mineral penting lainnya dalam produksi sel darah merah, bersamaan dengan zat besi.
Demikian artikel tentang 8 Manfaat Sayur Brokoli Yang Menakjubkan semoga bermanfaat terima kasih.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "8 Manfaat Sayur Brokoli Yang Menakjubkan"

Post a Comment