-->

15 Manfaat Jambu Biji yang Menakjubkan

Manfaat kesehatan potensial jambu biji termasuk kemampuannya membantu mencegah kanker, mengatur tekanan darah, dan mengobati diare. Ini juga membantu penurunan berat badan, memperbaiki kulit, mengobati batuk dan pilek, konstipasi, disentri, dan penyakit kudis.

Apa itu jambu?

Jambu biji adalah buah yang manis dan lezat yang dibudidayakan di daerah beriklim tropis. Buah musiman ini, yang secara ilmiah dikenal sebagai Psidium Guajava, berbentuk bulat atau berbentuk pir dan berwarna hijau muda, kuning atau merah tua saat dipanggang. Dagingnya berwarna putih atau merah marun, tergantung pada jenisnya, dan memiliki biji keras kecil yang diselimuti dengan bubur manis dan manis. Jenis jambu biji yang umum termasuk jambu biji, jambu ceri kuning, jambu stroberi, dan jambu apel merah. Ini kebanyakan dimakan mentah (matang atau setengah matang) atau dikonsumsi dalam bentuk jus, selai, dan jeli.

Jambu itu diyakini berasal dari Meksiko atau Amerika Tengah. Sekarang sangat populer di negara-negara Asia dan juga semakin tersedia di negara-negara Amerika, terutama setelah manfaat kesehatannya terungkap.

Yang membuat jambu biji istimewa adalah bahwa meningkatkan umur simpan buah ini tidak memerlukan penggunaan bahan kimia atau pestisida secara berlebihan seperti pada buah anggur, apel, dan buah "eksotis" lainnya. Ini adalah salah satu buah yang paling tidak diolah secara kimia dan disemprotkan.
Fakta Nutrisi Jambu Biji
Buah yang populer ini merupakan pembangkit tenaga nutrisi. Jambu biji adalah sumber energi, serat makanan, dan vitamin yang baik seperti vitamin A, vitamin C, niasin, vitamin B-6, folat, tiamin, dan riboflavin. Ini juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, besi, dan potasium.

15 Manfaat Jambu Biji yang Menakjubkan

Manfaat Kesehatan Jambu Biji
Jika pepatah tradisional mengatakan bahwa, "apel sehari membuat dokter pergi," di Eropa dan Amerika, ungkapan itu mungkin bisa diubah, "beberapa jambu di musim ini menjauhkan dokter selama setahun penuh," di daerah tropis dan subtropis di dunia di mana mereka biasanya tumbuh. Mari kita cari tahu mengapa;

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat terpenting untuk menambahkan jambu ke makanan Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir mengenai efek jambu biji terutama pada kanker prostat, payudara, dan oral. Minyak daun jambu bertindak sebagai antiproliferatif dan telah terbukti terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker. Jambu juga kaya lycopene, antioksidan kuat yang bisa mengurangi risiko kanker prostat. Antioksidan yang sama juga menunjukkan khasiatnya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meski lebih banyak tes harus dilakukan untuk mendukung temuan ini.

2. Sifat antioksidan

Kandungan vitamin C alami yang tinggi dalam jambu biji, yang empat kali lebih tinggi dari pada kandungan yang ditemukan pada jeruk (pembangkit tenaga vitamin C tradisional), membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan adalah jalur utama pertahanan melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. Karena itu, menambahkan jambu biji ke makanan Anda akan membantu Anda tetap sehat.

3. Kontrol Diabetes

Asupan jambu biji juga bisa membantu penderita diabetes. Tingkat tinggi serat makanan di dalamnya membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsinya dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

4. Meningkatkan penglihatan

Jambu biji merupakan sumber vitamin A yang sangat bagus, yang dikenal sebagai penguat untuk kesehatan penglihatan. Ini bisa membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula dan memperbaiki kesehatan mata secara keseluruhan. Ini membantu melindungi sel-sel di mata Anda dan juga bisa mencegah kemerosotan penglihatan.

5. Mengatur Tekanan Darah

Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegahnya menebal, sehingga menjaga fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang kekurangan serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah. Buah ini, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, membantu mengurangi tekanan darah.

6. Meningkatkan Kesehatan Tiroid

Jambu biji merupakan sumber tembaga yang baik, yang penting untuk mengatur metabolisme dengan membantu mengendalikan produksi hormon dan penyerapan. Hormon tiroid memainkan peran penting dalam regulasi energi dan metabolisme tubuh. Jadi jambu biji bisa membantu menjaga kesehatan Anda dengan berbagai cara.

7. Mengobati Scurvy

Jambu biji bisa mengalahkan banyak buah, termasuk jeruk dan buah jeruk lainnya, dalam hal konsentrasi vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kudis dan satu-satunya obat yang diketahui untuk penyakit berbahaya ini adalah asupan vitamin C. Sebenarnya, jambu biji mengandung 4X lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yang sering digembar-gemborkan sebagai sumber terbaik mutlak vitamin.earance vitamin katarak yang menguntungkan itu, degenerasi makula dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Ini membantu melindungi sel-sel di mata Anda dan juga bisa mencegah kemerosotan penglihatan.

8. Mengatur Tekanan Darah

Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegahnya menebal, sehingga menjaga fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang kekurangan serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah. Buah ini, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, membantu mengurangi tekanan darah.

9. Menghilangkan Diare & Disentri

Jambu biji memiliki sifat astringent yang membantu mengobati sejumlah gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Entah Anda mengunyah daun jambu biji atau memakan jambu mentah, kualitas zat mengandung zat tambahan pada perut yang longgar dan mengurangi gejala diare. Zat ini bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus. Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan potasium, menguatkan sistem pencernaan sekaligus mengkhabatkannya. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis karena alasan yang sama di atas.

10. Meredakan Sembelit

Jambu biji merupakan salah satu sumber serat makanan terkaya di antara buah-buahan dan bijinya berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Dua sifat jambu ini membantu pembentukan gerakan usus sehat, membantu dalam menahan air dalam tubuh dan membersihkan usus Anda secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit saja bisa menyebabkan 72 jenis penyakit berbeda, jadi sembarang sembelit akan bermanfaat. Kesehatan Anda secara keseluruhan dapat disangkal dipengaruhi oleh pencernaan yang tepat, dan yang lebih penting, ekskresi yang tepat. Sering konsumsi jambu biji bisa memastikan keduanya.

11. Meningkatkan Kesehatan Otak 

Manfaat jambu biji yang luar biasa lainnya adalah adanya vitamin B3 dan B6 di dalamnya. Vitamin B3 (juga dikenal sebagai niasin) dapat meningkatkan aliran darah dan menstimulasi fungsi kognitif, sedangkan vitamin B6 merupakan nutrisi yang hebat untuk otak dan fungsi saraf. Makan jambu biji bisa membantu menenangkan saraf dan meningkatkan konsentrasi.
Meningkatkan Kesehatan Otak
Manfaat jambu biji yang luar biasa lainnya adalah adanya vitamin B3 dan B6 di dalamnya. Vitamin B3 (juga dikenal sebagai niasin) dapat meningkatkan aliran darah dan menstimulasi fungsi kognitif, sedangkan vitamin B6 merupakan nutrisi yang hebat untuk otak dan fungsi saraf. Makan jambu biji bisa membantu menenangkan saraf dan meningkatkan konsentrasi.

12. Mengobati Batuk & Dingin

Jus jambu mentah dan tidak matang, atau ramuan daunnya, sangat membantu dalam mengurangi batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan sifat zatnya. Jambu biji memiliki salah satu sumber vitamin C dan zat besi terkaya di antara buah-buahan dan keduanya secara efektif mencegah masuk angin dan infeksi virus. Di beberapa daerah di India, jambu masak yang dipanggang digunakan sebagai obat untuk mengatasi kasus batuk, dingin, dan kongesti yang ekstrem. Jambu matang harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk dan pilek, karena bisa memperburuk masalah. Selain itu, hindari minum air putih segera setelah makan jambu karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

13. Berat Badan

Jambu biji sangat membantu bagi orang yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin, dan seratnya. Karena jambu biji memiliki kandungan yang tinggi, ia tidak memiliki kolesterol dan memiliki jumlah karbohidrat yang mudah dicerna. Kombinasi ini membuat camilan mengisi yang memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah. Jambu biji, terutama yang mentah, memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Tambahkan jambu biji medium untuk makan siang Anda dan Anda tidak akan merasa lapar sampai malam hari. Ironisnya, ini juga bisa membantu orang kurus dan kurus untuk menambah berat badan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekayaan nutrisi, yang mengatur metabolisme dan meningkatkan penyerapan nutrisi secara tepat.

14. Perawatan kulit

Jambu biji bisa memperbaiki tekstur kulit Anda. Mereka dapat membantu Anda untuk menghindari masalah kulit lebih baik daripada krim kecantikan dan gel pengencangan kulit. Hal ini terutama disebabkan oleh banyaknya zat yang tersedia dalam buah (lebih banyak zat hadir dalam jambu muda) dan di dedaunya. Kulit Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memakan buah (ini membantu mengencangkan otot Anda terpisah dari kulit Anda) atau dengan membilas kulit Anda dengan ramuan buah dan daunnya yang belum menghasilkan. Ini akan memeriahkan dan mengencangkan area kulit yang dilonggarkan tempatnya diterapkan. Bahan antioksidan dan detoksifikasi kaya jambu biji membantu kulit Anda tetap bersinar dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput, dan kelainan kulit lainnya.
demikian tentang artikel tentang 14 manfaat jambu biji yang menakjubkan semoga bermanfaat terima kasih.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "15 Manfaat Jambu Biji yang Menakjubkan"

Post a Comment