-->

10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

Selada adalah sayuran dari golongan brassica yang sangat populer digunakan sebagai bahan masakan. Biasanya sayuran yang sering disebut pula Selada Keriting ini dijadikan lalapan. Jadinya tidak dimasak dulu, biasanya cuma dicuci sampai bersih dan langsung dimakan. Tapi kalau penggunaan paling besar adalah untuk olahan masakan macam Burger, Sandwich, Hotdog dan untuk garnis makanan vegetarian dan bergaya Barat.

Rasa Selada memang lezat. Segar dan cenderung netral tidak begitu bau sayuran mentah. Maka dari itu banyak yang menyukai sayuran yang berkerabat dengan kubis ini. Manfaatnya untuk kesehatan juga melimpah. Karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Di dalam sayuran ini juga rendah lemak. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan purinnya yang cukup tinggi. Sehingga bagi para penderita gout alias asam urat sebaiknya jangan memakannya walau sedikit. Purin ini sebenarnya adalah zat garam-garam-an, macam potassium dan sodium yang memang ditemukan di dalam sayuran ini. Di bawah ini 10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal Bebas adalah hasil dari senyawa hasil dari proses kimiawi dalam tubuh. Yang mana senyawa ini tidak mampu diserap oleh tubuh dan justru cenderung merusak sel-sel. Untuk menangkal radikal bebas, dibutuhkan penangkal yang ternyata bisa dari sayur Selada ini.

2. Mengurangi Depresi

Makan Burger konon bisa bikin depresi hilang. Karena makanan yang gurih-gurih ala fast food ini memang dapat merangsang keluarnya hormon rasa senang Dopamin. Yang akan membantu lenyapkan depresi seketika. Apalagi kalau Selada nya dimakan dalam tangkupan roti burger yang mengandung saos pedas.

3. Mengobati Anemia

Anemia dapat disembuhkan dengan cara makan makanan yang kaya zat besi. Ternyata di dalam sayuran seperti Selada ini juga melimpah zat besinya. Sehingga cocok banget dimakan oleh mereka yang mengidap anemia ini.

4. Mengobati Insomnia

Insomnia adalah gangguan susah tidur. Ketika malam menjelang, ada perasaan lelah dan mengantuk. Namun sama sekali tidak bisa tidur. Untuk itu, seseorang butuh makanan yang sanggup bikin tidur nyenyak. Manfaat Selada ini bisa banget untuk itu.

Baca Juga :

8 Manfaat Teh Ceylon Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Anggur yang Menajubkan

Manfaat Makan Buah Pepaya Setengah Matang untuk Ibu Hamil

5. Mencegah Stroke

Selada ampuh banget untuk mencegah stroke. Sayuran yang masih keluarga sawi dan kubis ini dapat melancarkan aliran darah ke otak. Sehingga otak tidak mengalami kematian (stroke). Yang bisa bikin tubuh lumpuh bahkan meninggal dunia.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Selada bisa banget untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selada itu kan memang bagus banget untuk menunjang arteri. Biar tidak mengalami penumpukkan asam trigliserida yang biasanya jadi penyebab darah tinggi.

7. Membantu Metabolisme Asam Amino

Metabolisme asam amino dibutuhkan tubuh agar bisa mengalami regenerasi sel-sel secara lebih lancar. Asam amino adalah salah satu jenis protein utama penyusun sel-sel tubuh manusia. Manfaat Selada bisa membantu asam amino ini agar bisa bekerja lebih baik.

8. Mengobati Flu

Flu disebabkan karena Virus Influenza. Untuk mengobati flu dibutuhkan obat-obatan dan makanan pendukung. Orang yang sedang flu juga disarankan banyak konsumsi sayuran dan buah. Selada bisa jadi alternatifnya.

9. Mengobati Batuk Berdahak

Batuk Berdahak terjadi karena penumpukkan lendir di saluran antara tenggorokan dan hidung. Jenis batuk ini sangatlah menyiksa. Makanya butuh obat segera. Selada bisa jadi alternatif obat herbalnya.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Makan dengan Selada bisa membuat nafsu meningkat. Karena sayuran ini memang cocok dimakan sebagai lalapan mentah untuk dicocol ke sambal. Bisa bikin ingin makan terus.
Demikian artikel tentang 10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan semoga bermanfaat terimakasih.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan"

Post a Comment