-->

Manfaat Kesehatan Dari Buah Delima


(1) Menjaga Sistem Pencernaan Kita Sehat

Konsumsi delima secara teratur dan moderat sangat bermanfaat bagi perut kita dan membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat. Manfaat buah delima ini terutama karena adanya serat makanan di dalamnya.
Serat makanan yang hadir di buah delima bertindak sebagai pencahar alami dan alat bantu dalam mengatur pergerakan usus kita. Ini membantu dalam penghapusan limbah yang mulus dari tubuh dan dengan demikian menghilangkan nyeri sembelit dan masalah pencernaan lainnya seperti gas, kembung, dll.
Selain buah, kulit kayu, dan daun delima juga bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis kelainan pencernaan.
Minum jus delima secara teratur juga membantu dalam memberikan bantuan dari disentri dan kolera.

(2) Menjaga Sistem Kardiovaskular Sehat

Konsumsi jus delima atau delima secara teratur dan moderat secara rutin sangat bermanfaat bagi jantung kita dan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular kita. Manfaat delima ini terutama karena adanya antioksidan dan senyawa terkait lainnya yang ada di dalamnya.
Antioksidan seperti Vitamin C hadir dalam buah delima berkelahi dengan radikal bebas tubuh kita, menstabilkan mereka dan dengan demikian mencegahnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel tubuh kita termasuk sistem kardiovaskular, dan dengan demikian mengurangi risiko masalah kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, detak jantung tidak teratur dll.
Selain itu, buah delima juga membantu dalam mengatur kadar kolesterol tubuh kita karena mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Delima juga membantu membersihkan gumpalan dari arteri kita karena kemampuan mereka untuk membuat pengencer darah kita.

(3) Mengurangi Resiko Berbagai Jenis Kanker

Mengkonsumsi buah delima atau minum jus delima secara teratur dan moderat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita karena mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit dll. Manfaat delima ini terutama karena adanya antioksidan seperti vitamin C dan senyawa antioksidan seperti flavonoid, fitonutrien di dalamnya.
Antioksidan ini melawan radikal bebas tubuh kita, menstabilkan mereka dan mencegahnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel tubuh kita.
Radikal bebas tidak lain hanyalah ion yang tidak stabil yang terbentuk selama proses oksidasi di tubuh kita. Karena ini tidak distabilkan sehingga mereka mencuri elektron dari molekul tetangga, dan karenanya menyebabkan kerusakan oksidatif pada mereka.
Antioksidan hadir dalam buah delima menstabilkan radikal bebas ini dan dengan demikian mengurangi risiko pengembangan beberapa jenis kanker.
Selain itu, mengkonsumsi buah delima setiap hari juga mengurangi kadar PSA di tubuh kita dan membantu memerangi sel kanker yang ada di tubuh kita.
Juga, telah ditemukan bahwa mengkonsumsi buah delima secara teratur menginduksi "Apoptosis" di tubuh kita, yang merupakan proses di mana sel menghancurkan dirinya sendiri.
Karena proses ini, sel kanker bisa hancur sendiri. Asupan jus delima secara teratur memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat dan dengan demikian mengurangi risikonya.
Selain itu, konsumsi jus delima atau delima setiap hari membantu menghalangi enzim yang disebut "Aromatase". "Aromatase" adalah enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen, hormon yang berperan besar dalam meningkatkan risiko pengembangan kanker payudara. Dengan menghalangi enzim ini, buah delima membantu mengurangi risiko kanker payudara.

(4) Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat kesehatan lain yang penting dari makan buah delima secara reguler dan moderat adalah kemampuan mereka merawat gigi dan gusi dengan baik, dan dengan demikian meningkatkan kesehatan mulut kita. Delima bersifat antibakteri dan antivirus, dan sifat delima ini memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi kita dari berbagai penyakit mulut.
Selain itu, buah delima juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang merupakan antioksidan yang tidak hanya melindungi kita dari efek merusak radikal bebas namun juga mengurangi risiko perkembangan penyakit kudis yang merupakan penyakit radang yang mempengaruhi gusi.

(5) Mengurangi Resiko Osteoarthritis

Konsumsi jus delima atau delima secara teratur dan moderat sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko pengembangan "Osteoarthritis" dan "Atherosclerosis". Manfaat delima ini terutama karena adanya antioksidan dan senyawa yang relevan di dalamnya.
Antioksidan ini melawan radikal bebas tubuh kita, menstabilkan dan mencegahnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada arteri kita, dan mencegah penebalan dan pengerasan. Ini membantu dalam mengatur kolesterol dan dengan demikian mengurangi risiko "aterosklerosis".
Mengkonsumsi buah delima secara teratur membantu mencegah pertumbuhan enzim yang bertanggung jawab untuk menghancurkan tulang rawan dan jaringan ikat di tubuh kita.

(6) Bermanfaat Melawan Penyakit Anemia

Delima adalah sumber zat besi yang hebat, dan kehadiran besi memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita. Besi adalah nutrisi vital yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh kita, dan salah satu peran tersebut adalah kemampuan mereka untuk membawa darah beroksigen ke setiap sel dan jaringan tubuh kita.
Mengkonsumsi buah delima atau minum jus delima setiap hari dengan bantuan tingkat sedang untuk mengurangi risiko anemia.
Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan gejala seperti kulit pucat, kelelahan, sesak napas, Insomnia, kram kaki, pusing dll.

(7) Membantu Mengatur Tingkat Gula Darah

Konsumsi delima secara teratur dan moderat sangat bermanfaat bagi individu yang menderita diabetes. Manfaat delima ini terutama karena kandungan glikemik buah delima yang rendah.
Meskipun delima mengandung fruktosa dan memiliki indeks glikemik tinggi namun karena kandungan glikemiknya yang rendah, gula tersebut melepaskan gula ke aliran darah pada tingkat yang lambat. Ini membantu dalam mengatur kadar gula darah dan dengan demikian mengendalikan diabetes.
Selain itu, buah delima juga kaya akan serat makanan yang berperan sangat penting dalam mengendalikan kadar gula darah karena memperlambat laju gula terserap ke dalam aliran darah. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pasien diabetes yang minum jus delima secara teratur tidak mengalami peningkatan kadar gula darah mereka secara signifikan.

(8) Mengatur Tingkat Tekanan Darah

Konsumsi buah delima atau minum jus delima secara teratur dan moderat berperan besar dalam mengendalikan tekanan darah dan tekanan darah tinggi. Manfaat delima ini terutama karena adanya "Kalium" di dalamnya.
Kalium adalah nutrisi vital yang banyak berperan dalam tubuh kita, dan salah satu peran tersebut adalah kemampuannya untuk mengatur tekanan darah kita. Kalium adalah vasodilator yang melemaskan pembuluh darah kita dan memungkinkan darah melewati arteri dan vena tanpa ada tekanan. Ini membantu mengendalikan gula darah kita dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Dengan menjaga tekanan darah kita terkendali, ini tidak hanya melindungi kita dari hipertensi tetapi juga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke jantung, detak jantung tidak teratur, dll.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "Manfaat Kesehatan Dari Buah Delima"

Post a Comment