-->

8 MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK BAYI


buah pepaya sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh temasuk untuk bayi. Dengan memberikan buah pepaya, kita tidak hanya menjaga kesehatan bayi, tapi sejak dini membuat bayi mengenal dan menyukai  buah, sehingga saat tubuh besar kelak kebiasaan memakan buah sudah tidak dapat ditinggalkan. Buah pepaya pada bayi sering dimanfaatkan sebagai makanan pengganti ASI.

Buah Pepaya dan Manfaatnya

Buah dari pepaya dapat digunakan sebagai  jus dan makanan. Buah pepaya tidak mempunyai efek samping terhadap tubuh, sehingga dapat dijadikan sebagai obat alternatif.  bunga dan daunnya pada buah pepaya dapat dijadikan sayur dan juga obat. Batang pepaya dapat dijadikan sebagai pakan ternak. Biji pepaya dapat dijadikan obat masuk angin serta obat cacing.
Berikut ini Manfaat buah pepaya untuk bayi yang harus anda ketahui:

1. Makanan pengganti ASI
Makanan pengganti ASI dapat diberikan pada bayi ketika berusia diatas 6 bulan. maksudnya disini buah pepaya diberikan pada bayi sebagai pengganti ASI walaupun tidak sepenuhnya menghentikan ASI. Namun, pada usia ini bayi biasanya sudah tidak minum ASI sebanyak bulan-bulan sebelumnya, serta kebutuhan nutrisi sudah lebih kompleks.

2.Melancarkan pencernaan
Serat papain membantu dalam proses melancarkan pencernaan. Memberikan pepaya pada bayi membantu menjaga kelancaran BAB pada bayi. Tidak sedikit bayi yang mengalami gangguan pencernaan dengan keadaan sulit BAB sehingga membuat bayi menjadi sakit perut. Oleh karenanya diperlukan pemberian buah pepaya ini dengan memperhatikan cara pemberiannya yang di luunakkan serta di kukus.

3. Menghaluskan kulit
Kandungan vitamin  pada pepaya ternyata memiliki fungsi dalam mempertahankan kesehatan kulit bayi. kulit bayi juga masih berupa perlindungan yang cenderung lebih mudah ditembus infeksi dibanding kulit orang dewasa. Oleh karenanya, mengonsumsi buah pepaya juga memberikan manfaat menjaga kulit yang diperlukan dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

4.Menjaga kesehatan mata
Pemberian buah pepaya pada bayi dapat  bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. kandungan vitamin A juga banyak terdapat di dalam buah pepaya. Pemberian buah pepaya, selain sebagai pengganti ASI juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata bayi.

5.Menurunkan demam
Pepaya mengandung banayak vitamin dan anti-oksidan, yang bermanfaat membantu recovery saat demam. Selain bermanfaat mendinginkan, dalam menurunkan demamBuah pepaya juga bermanfaat bembantu menjaga daya tahan sel sehingga kerusakan sel akibat infeksi dapat diminimalisir.

6. Mengobati sariawan
Kandungan vitamin C dalam pepaya bermanfaat untuk mengobati sariawan. Pemberiannya juga tidak menyebabkan perih pada daerah luka sariawan, sehingga tidak menyusahkan bayi. Sariawan biasa  terjadi karena adanya iritasi pada kulit bagian dalam mulut. Pemberian pepaya pada bayi, dibuat secara lunak.

Baca Juga   9 MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KESEHATAN

7.Mengandung lycophene (mencegah kanker)
buah pepaya mengandung lycophene yang dapat bermanfaat mencegah terjadinya kanker. Kanker berasal dari adanya mutasi gen pada sel dalam kurun waktu yang bertahap. pemberian pepaya untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Selain itu,  pepaya juga memiliki anti-oksidan lain yang penting.

8.Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Kandungan folat di dalam pepaya bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Folat berfungsi mengubah homosistein menjadi asam amino. tujuannya agar tidak terjadi penumpukan homosistein.  penumpukan homosistein sendiri dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan terjadinya stroke serta gangguan pembuluh darah otak dan menjaga gangguan jantung dengan menjaga kerusakan pembuluh darah kororner dijantung.

Kamu bisa dapatkan artikel terbaru melalui email:

0 Response to "8 MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK BAYI"

Post a Comment